Wednesday, November 11, 2015

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
TRANSMISI MANUAL
DI BENGKEL BERKAH JAYA MOTOR
Benowo, Karanglor, Manyaran, Wonogiri




Disusun oleh :
Nama                      : Ferry Puji Prastya
NIS                         : 1939
Kelas                       : XII OC
Komp.Keahlian      : Teknik Kendaraan Ringan



PEMERINTAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMK NEGERI 1 NGAWEN



Alamat : Jono, Tancep, Ngawen, Gunungkidul, Yogayakarta Kode Pos 55853
Telp.Fax (0272) 3102204 , Email : smkn1_ngawen@yahoo.co.id
Website :www.smkn1ngawen.co.id
2015





HALAMAN PENGESAHAN

PRAKTEK KERJA INDUSTRI
BERKAH JAYA MOTOR
Alamat : Benowo, Karanglor, Manyaran, Wonogiri

Laporan ini Disusun  untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Dalam Pelaksanaan Laporan  Kegiatan Praktek Kerja Industri di SMK N 1 Ngawen




Menyetujui/Mengesahkan

                                  Ngawen,  1 September 2015

Pembimbing                                                                            Kepala Bengkel
Prakerin                                                                                   Berkah Jaya Motor




Sigit Raharjo S.Pd                                                                  Suryanto                     
NIP. 2042 7606 6220 0013                                                                                                  


Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                       Kaprodi                                              SMK N 1 Ngawen                                                                        Teknik Kendaraan Ringan



Basuki, M.Pd                                                                          Nur Ahmad Sholeh W, S.Pd. T         
NIP. 19680828 199512 1 003                                                            NIP. 19821002 201001 1 010                                                                      





KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah swt atas segala nikmat dan karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan kegiatan Praktek Kerja Industri “PRAKERIN” dengan lancar di bengkel Berkah Jaya Motor yang beralamat di Benowo, Karanglor, Manyaran, Wonogiri pada tanggal 15 Juni-15 September 2015.
Adapun tujuan dari penulisan laporan ini adalah sebagai bukti pertanggung jawaban bahwa kami benar-benar menjalankan praktek kerja industri di bengkel Bengkel Berkah Jaya Motor, dan dengan dibuatnya laporan ini kami dapat memberitahukan semua hal yang kami peroleh selama diadakannya Praktek Kerja Industri di bengkel Berkah Jaya Motor.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami selaku siswa mengucapkan banyak terimakasih kepada :
1.     Bp. Basuki M.Pd selaku kepala sekolah SMK N 1 NGAWEN.
2.      Bp. Nur Ahmad Sholeh W, S.Pd. T selaku kepala program studi.
3.      Bp. Sigit Raharjo S.Pd. selaku guru pembimbing praktek kerja industri.
4.      Bp. Suryanto selaku kepala bengkel Berkah Jaya Motor.
            Penulis sadar bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat diperlukan untuk menyempurnakan laporan ini.
            Semoga laporan prakerin ini bermanfaat bagi semua pembaca. Amin


                                                                                                                        Penyusun


Ferry Puji Prastya










DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ...................................................................................       i
HALAMAN PENGESAHAN .....................................................................       ii
KATA PENGANTAR .................................................................................       iii
DAFTAR ISI ................................................................................................       iv
DAFTAR GAMBAR....................................................................................       v
DAFTAR LAMPIRAN................................................................................       vi
BAB I:            PENDAHULUAN ...............................................................       1
            A. Latar Belakang PRAKERIN............................................       1
            B. Tujuan PRAKERIN..........................................................       2
            C. Tujuan Pembuatan Laporan PRAKERIN.........................       3
            D. Sistematika Laporan.........................................................       3
            E. Manfaat PRAKERIN.......................................................       4
BAB II            : PROFIL INDUSTRI ..........................................................       5
            A. Sejarah dan Perkembangan Industri.................................       5
            B. .Manajemen Industri.........................................................       5
            C. Lokasi Perusahaan.............................................................       6
BAB III          : KEGIATAN INDUSTRI ...................................................       7
            A. Kegiatan Industri .............................................................       7
                        B. Pembahasan ......................................................................       8
BAB IV          :PENUTUP............................................................................       27
                        A. Kesimpulan…...................................................................       27
                        B. Saran….............................................................................       27
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN





DAFTAR GAMBAR
Gambar 1.1 Denah Bengkel ..........................................................................       6
Gambar 1.2 Transmisi Manual.......................................................................       9
Gambar 1.3 Transmisi Sliding Mesh..............................................................       10
Gambar 1.4 Transmisi Constant Mesh...........................................................       11
Gambar 1.5 Posisi Netral...............................................................................       12
Gambar 1.6 Posisi Gigi 1...............................................................................       12
Gambar 1.7 Posisi Gigi 2...............................................................................       13
Gambar 1.8 Posisi Gigi 3...............................................................................       13
Gambar 1.9 Posisi Gigi 4...............................................................................       14
Gambar 1.10 Posisi Gigi 5.............................................................................       14
Gambar 1.11 Posisi Gigi Mundur..................................................................       15
Gambar 1.12 Input Shaft...............................................................................       15
Gambar 1.13 Transmisi Gear.........................................................................       16
Gambar 1.14 Synchronizer............................................................................       16
Gambar 1.15 Shift Fork.................................................................................       17
Gambar 1.16 Shift Linkage...........................................................................       17
Gambar 1.17 Gear Shift Lever......................................................................       18
Gambar 1.18 Transmission Case....................................................................       18
Gambar 1.19 Output Shaft............................................................................       19
Gambar 1.20 Bearing.....................................................................................       19
Gambar 1.21 Extension Housing...................................................................       20
Gambar 1.22 Penutup Handel.......................................................................       24
Gambar 1.23 Handel Pemindah Gigi.............................................................       24
Gambar 1.24 Sambungan Poros Propeler......................................................       24
Gambar 1.25 Kabel Kopling..........................................................................       25
Gambar 1.26 Posisi Dongkrak Transmisi.......................................................       25
Gambar 1.27 Fly wheel..................................................................................       26

DAFTAR LAMPIRAN


1.      Umpan Balik Industry
2.      Lembar Penilaian Industry
3.      Lembar Monitoring Siswa Prakerin
4.      Surat Rekomendasi Tempat Prakerin
5.      Identifikasi Tempat Prakerin
6.      Lembar Bimbingan Laporan Prakerin
7.      Jurnal Kegiatan Prakerin




















BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
       Setiap perusahaan atau industri mempunyai harapan bahwa dalam usaha yang dijalankan dapat berjalan baik, lancar serta terus mengalami kemajuan yang pesat. Dengan demikian, sebuah perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang mempunyai etos kerja yang tinggi dan berkualitas.
       Sekarang ini sudah memasuki era modern sehingga persaingan dalam dunia usaha akan semakin berat seiring waktu berjalan. Oleh karena itu, kita harus mempunyai semangat kerja yang tinggi dan profesionalitas jika kita ingin menjadi sumber daya manusia yang baik dan berkualitas tinggi. Kita harus melihat ke depan, dimana negara-negara maju saat ini sudah semakin banyak.
       Kita harus dapat mengantar negara yang berkembang ini menuju jenjang yang lebih baik lagi. Melihat dari itu semua, untuk menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas sudah saatnya sekolah sebagai institusi pencetak lulusan yang memiliki ilmu pengetahuan harus menjembatani siswa dengan mengirimkan siswa untuk mengikuti praktek kerja industri di suatu perusahaan atau industri.
       Hal ini tak lepas dari penerapan Pendidikan Sistem Ganda yang diterapkan di sekolah kejuruan yaitu suatu perpaduan antara pendidikan di sekolah dan pendidikan di dunia usaha. Melalui praktek industri inilah diharapkan agar siswa mendapat pengalaman kerja dan dapat menjadi tenaga kerja yang profesional, berkualitas, mempunyai etos kerja yang tinggi dan mempunyai gagasan-gagasan ide yang cemerlang, serta bisa menerapkan sifat tanggung jawab terhadap apa sesuatu yang dikerjakanya.








B.     Tujuan Praktek Kerja Industri
Tujuan dari dilaksanakannya praktik industri adalah :
1.      Memberi pengalaman dan pengetahuan kepada siswa dalam dunia usaha atau industri.
2.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk mempraktikkan segala sesuatu yang diajarkan di sekolah ke dunia kerja atau dunia industri.
3.      Melatih kerjasama siswa dalam bekerja.
4.      Melatih kejujuran, kedisiplinan, dan tanggung jawab.
5.      Mempersiapkan siswa smk untuk memasuki dunia kerja agar dapat menjadi lulusan yang terjun ke dunia usaha.
6.      Meningkatkan efisiensi proses pendidikan, pelatihan tenaga kerja yang berkualitas dan profesional.
7.      Sekolah memperoleh tambahan wacana untuk tambahan pengembangan silabus dan proses belajar mengajar agar sesuai dengan tuntutan dunia industri serta mendapat peluang yang lebih besar dalam pemasaran tamatan.
8.      Dunia usaha/industri ikut berpartisipasi dalam usaha peningkatan mutu lulusan sekolah kejujuran.
9.      Menambah wawasan yang luas kepada siswa.
10.  Mendapat suatu pengalaman yang tidak ada dalam sekolah.
11.  Melatih siswa agar mengerjakan sesuai waktu atau tepat waktu.
12.  Sigap atau merespon apa yang diperintahkan atasanya.
13.  Tahu apa yang harus dikerjakan.
14.  Baik dalam mengerjakan dan berbuah hasil yang maksimal.










  1. Tujuan Pembuatan Laporan Prakerin
1.      Sebagai salah satu syarat yang telah ditetapkan pihak SMK NENGERI 1 Ngawen.
2.      Sebagai alat pertanggungjawaban kepada sekolah dan pimpinan perusahaan dari hasil laporan operasional yang disusun secara cermat.
3.      Sebagai bukti tertulis bahwa siswa-siswi tersebut telah melaksanakan Praktek Kerja Industri pada perusahaan yang bersangkutan.

  1. Sistematika Laporan
Dalam mempermudah pemahaman tulisan bagi pembaca dan untuk memperjelas keterkaitan antara masing-masing bab sehingga terlihat jelas rangkaian urutan penulisan secara sistematis, berikut adalah beberapa gambaran mengenai sistematika isi laporan :
Halaman Judul
            Lembar Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Lampiran

BAB I PENDAHULUAN
            a. Latar belakang PRAKERIN
            b. Tujuan PRAKERIN
            c. Tujuan Pembuatan Laporan PRAKERIN
            d. Sistematika Laporan

BAB II PROFIL INDUSTRI
            a. Sejarah dan perkembangan industri
            b. Lokasi Perusahaan
                  c. Manajemen Industri

BAB III KEGIATAN INDUSTRI
            a. Kegiatan Industri
            b. Proses Produksi Barang dan Jasa
            c. Pembahasan

BAB IV PENUTUP
            a. Kesimpulan
            b. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN


  1. Manfaat PRAKERIN
1. Manfaat Prakerin Bagi Siswa
a.       Memperoleh wawasan luas mengenai seluk beluk dunia kerja.
b.      Meningkatkan rasa percaya diri, disiplin dan tanggung jawab.
c.       Mengetahui arti penting disiplin dan tanggungjawab dalam melaksanakan tugas.
d.      Dapat memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang diperolah di sekolah.
e.       Dapat membandingkan kemampuan yan diperoleh di sekolah dengan yang dibutuhkan di dunia kerja.

2. Manfaat Prakerin Bagi Sekolah
a.       Tujuan pendidikan untuk mendapat keahlian profesional lebih mudah dicapai.
b.      Dapat menyesuaikan program pendidikan dengan kebutuhan lapangan kerja.

3. Manfaat PRAKERIN bagi Industri
a.       Dapat memilih peserta PRAKERIN baik jumlah, kemampuan, penampilan dan waktu yang dianggap menguntungkan.
b.      Dapat mengenal persis kualitas siswa yang berlatih di Industri
c.       Dapat berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan pada khususnya dan pengembangan bangsa pada umumnya.

4. Manfaat PRAKERIN Bagi Masyarakat
a.       Mayarakat dapat memndapatan pelayanan yang lebih baik dari siswa pakerin yan memiliki pengalaman.
b.      Masrakat tidak ragu bilamana salah satu masyarakat ingin menunyuruh membenahi kerusakan pada kendaraanya karena sudah mendapat pengalaman.















BAB II
PROFIL INDUSTRI

A. Sejarah dan Perkembangan Industri
BENGKEL BERKAH JAYA MOTOR berdiri pada tahun 2001 dengan pendiri Bp. Sarwo Edi di desa Benowo, Karanglor, Manyaran, Wonogiri. Bengkel ini dijalankan Bp. Sarwo Edi selama kurang lebih 3 tahun. Setelahnya bengkel dijual dan dibeli Bp. Suryanto. Dibekali dari pengalaman bekerja di jakarta, Bp Suryanto dengan tekun menjalankan usaha bengkelnya. Buah dari ketekunanya itu, banyak pelanggan yang memperbaiki mobilnya merasa puas.
Sampai saat ini bengkel Berkah Jaya Motor masih bertahan di desa Benowo, Karanglor, Manyaran, Wonogiri.Dan terbilang cukup ramai bahkan sudah memiliki pelanggan setia, terutama pengguna mobil-mobil mesin diesel.

B. Manajemen Industri
     Kepala Bengkel           : Bp. Suryanto
     Mekanik                      : Bp. Suryanto

























C. Lokasi Perusahaan                          dari Kelir
            Dari Sambeng
 


                                                                                                               Tugu                          Ke Wonogiri
                                          Ke Kelir                                                     Manunggal
 


                                                      U
                                                                                                                                            Pasar
                                                                                                                                    Manyaran

 



dari
Ngawen

 


                                                                                                            SDN 4                                                                                                                           manyaran
 







  Bengkel        BERKAH
                                                                                                                                    JAYA MOTOR
Ke Kepuh



   Ke Semin

(Gambar 1.1 Denah Bengkel)








BAB III
KEGIATAN INDUSTRI

A. KEGIATAN INDUSTRI

1.      Tune up Transmisi
2.      Overhaul mesin
3.      Perbaikan sistem pendingin
4.      Perbaikan poros penggerak roda
5.      Perbaikan differensial
6.      Perbaikan sistem rem
7.      Perbaikan sistem kopling
8.      Perbaikan sistem kelistrikan




























B. PEMBAHASAN

1.PENGERTIAN
Sistem transmisi, dalam otomotif, adalah sistem yang berfungsi untuk konversi torsi dan kecepatan (putaran) dari mesin menjadi torsi dan kecepatan yang berbeda-beda untuk diteruskan ke penggerak akhir. Konversi ini mengubah kecepatan putar yang tinggi menjadi lebih rendah tetapi lebih bertenaga, atau sebaliknya.

2.FUNGSI TRANSMISI
            Secara umum transmisi sebagai salah satu komponen sistem pemindah tenaga (power train) mempunyai fungsi sebagai berikut :.
a.       Meneruskan tenaga / putaran mesin dari kopling ke poros propeler. .
b.      Merubah momen yang dihasilkan mesin sesuai dengan kebutuhan (beban mesin dan kondisi jalan).
c.       Merubah momen yang dihasilkan mesin sesuai dengan kebutuhan (beban mesin dan kondisi jalan).
3.TIPE

a.Transmisi otomatis
             Adalah transmisi yang melakukan perpindahan gigi percepatan secara otomatis. Untuk mengubah tingkat kecepatan pada sistem transmisi otomatis ini digunakan mekanisme gesek dan tekanan minyak transmisi otomatis. Pada transmisi otomatis roda gigi planetari berfungsi untuk mengubah tingkat kecepatan dan torsi seperti halnya pada roda gigi pada transmisi manual.
            Kecendenderungan masyarakat untuk menggunakan transmisi otomatis semakin meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini, khususnya untuk mobil-mobil mewah, bahkan type-type tertentu sudah seluruhnya menggunakan transmisi otomatis. Kecenderungan yang sama terjadi juga pada sepeda motor seperti Yamaha Mio, Honda Vario.















b.TRANSMISI MANUAL
(Gambar 1.2 Transmisi Manual)
Transmisi manual adalah sistem transmisi otomotif yang memerlukan pengemudi sendiri untuk menekan/menarik seperti pada sepeda motor atau menginjak kopling seperti pada mobil dan menukar gigi percepatan secara manual. Gigi percepatan dirangkai di dalam kotak gigi/gerbox untuk beberapa kecepatan, biasanya berkisar antara 3 gigi percepatan maju sampai dengan 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1 gigi mundur (R). Gigi percepatan yang digunakan tergantung kepada kecepatan.
kendaraan pada kecepatan rendah atau menanjak digunakan gigi percepatan 1 dan seterusnya kalau kecepatan semakin tinggi, demikian pula sebaliknya kalau mengurangi kecepatan gigi percepatan diturunkan, pengereman dapat dibantu dengan penurunan gigi percepatan.

1.      PRINSIP KERJA TRANSMISI MANUAL
Transmisi bekerja berdasarkan prinsip Perubahan Momen. Saat mobil menempuh jalan yang rata, momen mesin cukup untuk menggerakkan mobil. Transmisi digunakan untuk merubah momen dengan cara memindah perbandingan roda gigi sehingga dihasilkan momen yang sesuai dengan beban mesin dan kondisi jalan , dan memindahkan momen tersebut keroda – roda. Bila kendaraan harus mundur, arah putaran dibalik oleh transmisi sebelum dipindah keroda-roda.


2.      KOMBINASI RODA GIGI (Gear Combination).
Kombinasi dasar roda gigi transmisi.
Bila dua roda gigi dikombinasikan seperti pada gambar di bawah ini, maka arah putaran dari input shaft (A : Sisi mesin dengan poros input) akan berbalik arah pada poros output ( B : Sisi proppeler shaft ).


Gerak Maju.
Dua pasang roda gigi pad transmisi dikombinasikan seperti pada gambar di bawah, untuk memperoleh putaran output shaft searah dengan input shaft.Perbandingan roda gigi dalam suatu kombinasi ini dapat dinyatakan sebagai berikut.
Gerak Mundur.
Mesin tidak dapat berputar pada arah kebalikannya karena terbatas keadaan, roda gigi idle (idler gear) dipasang diantara roda gigi A dan B untuk merubah arah putaran, dengan demikian mobil dapat berjalan mundur.
3.      MACAM_MACAM TRANSMISI MANUAL
Berdasarkan cara pemindahan gigi maka transmisi manual dibedakan menjadi 3 yaitu :
1. Tipe Sliding mesh.
2. Tipe Constant mesh.
3. Tipe Sincromesh.
Transmisi Tipe Sliding Mesh.
(Gambar 1.3 Transmisi Sliding Mesh)

Transmisi Tipe Sliding Mesh adalah jenis transmisi manual yang cara kerja dalam pemindahan gigi dengan cara menggeser langsung roda gigi input dan out putnya. Transmsi jenis ini jarang digunakan, karena mempunyai kekurangan–kekurangan :
1. Perpindahan gigi tidak dapat dilakukan secara langsung/memerlukan waktu beberapa saat untuk melakukan perpindahan gigi.
2. Hanya dapat menggunakan salah satu jenis roda gigi.
3. Suara yang kasar saat terjadi perpindahan gigi.










Transmisi Tipe Constant Mesh.
(Gambar 1.4 Transmisi Constant Mesh)

Transmisi tipe constant mesh adalah jenis transmisi manual yang cara kerja dalam pemindahan giginya memerlukan bantuan kopling geser agar terjadi perpindahan tenaga dari poros input ke poros out put. Transmisi jenis constant mesh antara roda gigi input dan out put nya selalu berkaitan, tetapi roda gigi out put tidak satu poros dengan poros out put transmisi. Tenaga akan diteruskan ke poros out put melalui mekanisme kopling geser. Transmisi jenis ini memungkinkan untuk menggunakan roda gigi lebih dari satu jenis.
Transmisi Semi-Otomatis
Transmisi semi-otomatis merupakan tranmisi yang perpindahan gigi percepatannya tanpa menginjak/menekan kopling, sistem ini menggunakan sensor elektronik, prosesor dan aktuator untuk memindahkan gigi percepatan atas perintah pengemudi. Sistem ini dikembangkan untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas didaerah perkotaan. Transmisi semi otomatis juga digunakan pada mobil-mobil sport mewah seperti digunakan Porsche, Maserati, Ferrari yang kadang-kadang ditempatkan pada setir untuk mempermudah perpindahan gigi percepatan.













  1. Cara Kerja Pemindahan Tenaga Transmisi Manual

a. Posisi Netral (N)
Saat posisi netral tenaga dari mesin tidak diteruskan ke poros out put, karena sincromesh dalam keadaan bebas atau tidak terhubung dengan roda gigi tingkat.
           
(Gambar 1.5 Posisi Netral)
        b. Posisi roda gigi  1

Jika tuas ditarik ke belakang maka gear selection fork akan menghubungkan unit                     sincromesh untuk berkaitan dengan gigi tingkat 1. Posisi 1 akan menghasilkan putaran yang lambat tetapi momen pada poros out put besar.


(Gambar 1.6 Posisi Gigi 1)


c. Posisi roda gigi 2

Tuas didorong ke depan menggerakkan gear selector fork sehingga unit sincromesh berhubungan dengan roda gigi tingkat no 2. Posisi 2 putaran poros out put lebih cepat dibanding pada posisi 1.

(Gambar 1.7 Posisi Gigi 2)

d. Posisi  roda gigi 3
           
Jika tuas ditarik ke belakang maka gear selection fork akan menghubungkan unit sincromesh untuk berkaitan dengan gigi tingkat 3. Posisi 3 akan menghasilkan putaran yang cepat dibanding posisi 2.
                                                      
(Gambar 1.8 Posisi Gigi 3)



e. Posisi  roda gigi 4 

Tuas didorong ke depan menggerakkan gear selector fork sehingga unit sincromesh berhubungan dengan roda gigi tingkat no 4. Posisi 4 putaran poros out put lebih cepat dibanding pada posisi 3.

(Gambar 1.9 Posisi Gigi 4)


f. Posisi  roda gigi 5

Tuas ditarik ke belakang menggerakkan gear selection fork sehingga unit sincromesh berhubungan dengan roda no 5. Transmisi pada posisi gigi lima kecepatanya paling tinggi tetapi momen yang dihasilkan pada poros out put paling kecil.

(Gambar 1.10 Posisi Gigi 5)


g. Posisi  roda gigi mundur (R)

Tuas didorong ke depan menggerakkan gear selection fork sehingga unit sincromesh berhubungan dengan roda gigi R. Antara roda gigi R dan roda gigi pembanding dipasangkan roda gigi idel (idler gear)yang menyebabkan putaran poros input berlawanan arah dengan poros out put.

(Gambar 1.11 Posisi Gigi Mundur)


  1. Komponen Transmisi Manual & Fungsinya
Transmisi manual adalah transmisi yang perpindahan giginya / perubahan kecepatan putarannya di lakukan dg tangan melalui tuas2 pemindah.Transmisi manual lebih mudah perawatannya sehingga lebih banyak digunakan dibanding transmisi otomatis.

1.Transmision Input Shaft( poros input transmisi).
                               
(Gambar 1.12 Input Shaft)
       Sebuah poros dioperasikan dg kopling yang memutar gigi di dalam gear box.





            2.Transmision Gear (gigi transmisi).
                            
(Gambar 1.13 Transmisi Gear)
             Untuk mengubah output gaya torsi yang meninggalkan transmisi.
           
            3.Synchronizer (gigi penyesuai).
                                   
(Gambar 1.14 Synchronizer)
     Komponen transmisi yang memungkinkan perpindahan gigi pada mesin bekerja/hidup.








4.Shift Fork (garpu pemindah).
                                        
(Gambar 1.15 Shift Fork)

Batang untuk memindah gigi/synchronizer pada porosnya sehingga memungkinkan gigi untuk dipasang/dipindah.

            5.Shift Linkage (tuas penghubung).
                     
(Gambar 1.16 Shift Linkage)

Batang/tuas yang menghubungkan tuas persneleng dg shift fork.












            6.Gear Shift Lever (tuas pemindah persneleng).
                                        
(Gambar 1.17 Gear Shift Lever)

Tuas yang memungkinkan sopir memindah gigi transmisi.

            7.Transmission Case (bak transmisi).
                                                 
(Gambar 1.18 Transmission Case)
           
Sebagai dudukan bearing transmisi dan poros2 serta sebagai wadah oli/minyak transmisi.













8.Output Shaft (poros output).
                          
(Gambar 1.19 Output Shaft)

Poros yang mentransfer torsi & transmisi ke gigi terakhir.

            9.Bearing (bantala/klaker).
                        
(Gambar 1.20 Bearing)

Mengurangi gesekan antara permukaan benda yang berputar di dalam sistem transmisi.





            10.Extension Housing (pemanjangan bak).
                        
(Gambar 1.21 Extension Housing )

Melingkupi poros output transmisi dan menahan seal oli belakang serta menyokong poros output.




















6.      Gangguan atau Kerusakan Transmisi Manual


GANGGUAN/KERUSAKAN
KEMUNGKINAN PENYEBAB
PEMERIKSAAN atau PERBAIKAN
1.   Pemindahan antar gigi sulit
a. Poros persneling atau penyambung bengkok
perbaiki
b. Kabel kopling tidak disetel dengan baik
Periksa setelannya atau ganti
c. Garpu persneling aus
Ganti
d. Poros persneling aus
Ganti
e. Roda gigi atau selongsong synchronizer macet pada poros atau pemutarnya
Ganti bagian-bagian yang aus
f. Cincin atau pegas  penyerempak aus
Ganti bagian-bagian yang aus
g. Gigi eksternal aus atau mengelupas
Ganti roda gigi
h. Poros input atau bantalan pilot bengkok
Ganti bantalan pilot atau poros input
i. Level pelumas rendah
Isi pelumas sampai level yang sesuai
j. Menggunakan pelumas yang tudak sesuai
Keluarkan dan ganti pelumas yang sesuai
2.   Transmisi macet pada salah satu gigi
a. Poros persneling atau penyambung bengkok
perbaiki
b. Penekan persneling macet
perbaiki
c. Kopling tidak terbatas
Perbaiki kabel kopling
d. Penyerempak macet
Ganti penyerempak
e. Level pelumas rendah
Isi pelumas sampai level yang sesuai
3.   Transmisi melompat antar gigi
a. Pegas penekan lemah
Ganti
b. Bantalan poros input atau output aus
Ganti
c. Bantalan pilot aus
Ganti
d. Poros atau roda gigi koclak berlebihan
Ganti cincin pendorong yang aus
e. Selongsong penyerempak aus
Ganti penyerempak dan roda gigi
f. Pasak poros input longgar atau patah
Ganti
g. Rumah kopling atau transmisi longgar
Kencangkan baut-baut pengikat
h. Transmisi tidak sejajar
Periksa kesejajarannya
4.   Terjadi benturan roda gigi
a. Penyerempak aus
Ganti
b. Kopling menggesek
Perbaiki kopling
c. Bantalan pilot atau poros input bengkok
Perbaiki bantalan atau poros
d. Kecepatan idle engine tinggi
Setel
e. Level pelumas rendah atau kualitas pelumas tidak sesuai
Isi dengan pelumas yang kualitasnya baik pada level yang sesuai
5.   Transmisi gaduh/kasar pada roda gigi
a. Cakram kopling rusak
Ganti
b. Celah antara roda gigi dengan poros utama berlebihan
Ganti roda gigi
c. Bantalan aus atau rusak
Ganti
d. Gigi pada roda gigi patah
Ganti roda gigi
e. Roda gigi pinion speedometer aus
Ganti
f. Penyerempak aus
Ganti
g. Bantalan pilot aus
Ganti
h. Level pelumas rendah
Isi pada level yang sesuai
i. Transmisi tidak sejajar
Periksa kesejajaran
j. Bantalan poros counter aus atau cincin menjepit
Ganti bagian-bagian yang aus
6.   Transmisi gaduh/kasar pada saat netral
a. Bantalan poros input aus
Ganti
b. Roda gigi aus atau patah
Ganti
7.   Transmisi gaduh/kasar pada saat mundur
a. Roda gigi idle mundur atau bos poros aus/rusak
Ganti
b. Roda gigi mundur pada poros utama aus/rusak
Ganti
c. Roda gigi counter aus atau rusak
Ganti
d. Mekanisme pemindah rusak
Perbaiki, ganti bagian-bagian yang rusak, setel kembali
8.   Tidak ada tenaga yang melewati transmisi
a. Kopling tidak menekan
Perbaiki kopling
b. Gigi pada roda gigi mengelupas
Ganti roda gigi
c. Garpu poros patah atau longgar
Ganti
d. Poros input atau output patah
Ganti
9. Oli transmisi bocor
a. Pelumas yang tidak tepat atau level pelumas yang terlalu tinggi sehingga terbentuk busa
Isi dengan pelumas yang sesuai dengan level
b. Gasket bocor
Ganti
c. Seal oli rusak
Ganti
d. Sumbat pengisi oli longgar
Kencangkan
e. Seal pinion speedometer bocor
Ganti seal
f. Box atau rumah ekstensi retak
Ganti
g. Box atau seal rumah ekstensi aus
Ganti


7.      Pemasangan & Pembongkaran Transmisi Manual


Langkah Persiapan    
Sebelum melakukan proses pembongkaran, perlu dipersiapkan alat dan perlengkapan yang diperlukan. Hal ini agar waktu yang diperlukan tidak hilang karena harus mencari alat atau perlengkapan.
Alat dan perlengkapan yang diperlukan adalah:
a) Dongkrak mobil dan  penyangga/jack stand.
b) Kotak alat yang berisikan kunci yang diperlukan
c) Lampu kerja untuk penerangan mengingat posisi transmisi yangcenderung dibawah kendaraan.
d) Pompa pengisi minyak pelumas transmisi dan minyak pelumasnya.
e) Bak penampung minyak pelumas yang lama.
f) Vet gravit dan kain lap/majun.

Keselamatan
kerja:
Setiap melakukan praktek termasuk proses pembongkaran dan pemasangan transmisi, harus selalu mengutamakan keselamat-an kerja baik untuk benda kerja maupun manusianya. Oleh karena itu ketelitian baik sebelum dan saat bekerja sangat diperlukan. Menjaga semua kondisi kerja selalu aman, seperti misalkan menghindarkan adanya oli yang tumpah dilantai. Di samping akan menyebabkan ketidaknyamanan dalam bekerja, oli bisa menyebabkan terpelanting.

Proses
pembongkaran:
a) Lepaskan terminal negative bateri, ini untuk menjaga kemungkinan terjadinya hubungan singkat saat bekerja.
b) Angkat mobil menggunakan dongkrak dan pasang jackstand tinggi pengangkatan untuk memberi ruang gerak yang leluasa bagi pekerja maupun proses pembongkaran dan pemasangan transmisi. Beri balok kayu pada carter oli agar saat transmisi dilepas, mesin tidak goyang.
c) Lepaskan karet penutup tongkat/tuas/handel pemindah gigi transmisi. Lihat gambar berikut ini. Dengan melepas baut pengikatnya.
(Gambar 1.22 Penutup Handel)
d) Lepaskan handel pemindah gigi transmisi, dengan melepas baut pengikatnya dan angkat keluar. Lihat gambar berikut ini.
(Gambar 1.23 Handel Pemindah Gigi)

e) Lepaskan motor starter, yaitu lepas kabel-kabelnya dan baut pengikatnya.
f) Keluarkan minyak pelumas transmisi, dengan membuka baut tap, dan siapkan bak penampung minyak pelumas. Sesudah habis, pasang kembali baut tap dan singkirkan bak penampung minyak pelumas, jangan sampai tumpah. Kalau tumpah bersihkan dulu.
g) Lepaskan sambungan keporos propeller, supaya saat pemasangan tidak keliru beri tanda sebelum dilepas. Seperti terlihat pada gambar.
(Gambar 1.24 Sambungan Poros Propeler)

h) Lepaskan kabel speedometer dan kabel lampu mundur dari terminalnya.
i) Lepaskan kabel kopling dari tuas pembebasnya. Lihat gambar.

(Gambar 1.25 Kabel Kopling)

j) Lepaskan pegangan dan klem knalpot yang berhubungan dengan transmisi.
k) Pasang dongkrak transmisi dengan baik, bila perlu ikat dengan baut atau rantai yang tersedia. Hal ini untuk menghindari transmisi jatuh saat baut pengikatnya dilepas. Perhatikan gambar  berikut.
(Gambar 1.26 Posisi Dongkrak Transmisi)

l) Lepaskan mounting transmisi.
m) Kendorkan baut pengikat rumah transmisi. Perhatikan apakah transmisi tetap pada posisi datar atau tidak, bila miring seperti gambar , maka naikkan dongkraknya.
n) Bila transmisi sudah posisi datar dengan benar, maka lepaskan baut pengikat transmisi. Sekali lagi perhatikan posisi datar transsmisi.
o) Tarik transmisi kearah belakang mobil, sampai ujung poros pirmer transmisi lepas, dan selanjutnya turunkan pelan2 dongkrak transmisi sampai diperkirakan saat ditarik keluar dari bawah mobil tidak menyangkut.
p) Turunkan transmisi dari dongkrak.

Pemeriksaan:
a) Periksa kebocoran minyak pelumas pada seal poros input transmisi. Bila terdapat tanda-tanda kebocoran ganti seal-nya. Bocoran minyak ini disamping menyebabkan ber-kurangnya kuantitas minyak pelumas ditransmisi, juga bila kena plat kopling menyebabkan koling jadi slip.
b) Pemeriksaan kebocoran minyak pelumas juga pada seal poros engkol.
c) Pemeriksaan sambungan kabel kopling dari keausan, dan kemacetan.
d) Pemeriksaan bantalan jalan, dengan memutarnya apakah masih lancar atau sudah rusak. Bila rusak ganti yang baru.

Petunjuk Pemasangan:
a) Lumasi menggunakan vet grafit atau vet yang tahan panas pada bantalan pilt pada fly wheel, alur bos penghantar bantalan tekan, dan alur poros transmisi. Perhatikan gambar disamping itu juga pada ujung kabel kopling.
(Gambar 1.27 Fly wheel)

b) Pasanglah/naikan transmisi pada dongkrak transmisi, seperti sebelumnya posisi transmisi harus datar, khusunya poros input transmisi. Dan transmisi ikat dengan baik pada dongkrak pada posisi pada saat terpasang.
c) Masukan dongkrak dan transmisi kekolong bawah mobil.
d) Naikan dongkrak hingga poros input tepat dengan bantalan pilot.
e) Dorong transmisi pelan-pelan untuk menepatkan ujung poros input transmisi pada bantalan pilot  pada fly wheel. Setelah pas, dorong kembali hingga rumah transmisi duduk dengan mudah. Pada proses ini jangan sekali-kali dipaksa-kan dengan menekan pakai baut prngikat rumah transmisi.
f) Pasang baut pengikat dan mounting transmisi. Keraskan sesuai dengan momen pengerasan pada buku manual.
g) Pasang kembali motor starter beserta kabelnya.
h) Pasang propeller shaft sesuai dengan tanda yang dibuat.
i) Pasang kabel speedometer dan kabel mundur serta klem knalpot.
j) Isi minyak pelumas transmisi.
k) Pasang kabel kopling dan stel ketinggian dan kebebasan pedal kopling. Lihat gambar 22 berikut. Tinggi pedal = 150,8 mm, dan kebebasannya = 20-35 mm.
l) Pasang handel pemindah gigi transmisi beserta karet penutupnya.
m) Turunkan kendaraan dari jack stand.
n) Hidupkan mobil, cobalah penyetelan kopling dan kerja transmisi.
o) Bersihkan alat dan perlengkapan yang dipergunakan.












PENUTUP

A.    KESIMPULAN

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan khusus menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, professional, produktif, dan siap kerja. Agar tercapainya tujuan ini, maka diciptakan suatu program kegiatan wajib prakerin.

            Prakerin adalah suatu kegiatan yang ditujukan kepada siswa untuk berinteraksi secara langsung atau melakukan kegiatan praktek kerja disuatu industry atau perusahaan yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah berlaku di industry perusahaan tersebut. Dengan adanya program ini, maka siswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman praktek kerja industry bahkan siswa akan lebih siap bekerja langsung di industry.

B.     SARAN

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan prakerin maka siswa mengetahui betapa pentingnya program kegiatan ini. Oleh karena itu, sekolah yang bersangkutan mengadakan kegiatan ini dengan bekerja sama dengan pihak bengkel.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA


1.      PT.TOYOTA-ASTRA MOTOR.1995.NEW STEP 1
2.      PT.TOYOTA-ASTRA MOTOR.1995.NEW STEP 2
3.      PT.TOYOTA-ASTRA MOTOR.1998.PEDOMAN REPARASI MOTOR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 











No comments:

Post a Comment